+28 Contoh Soal Akuntansi Perusahaan Jasa Jurnal Umum Sampai Laporan Keuangan References - Martinusadyh -->

+28 Contoh Soal Akuntansi Perusahaan Jasa Jurnal Umum Sampai Laporan Keuangan References


Contoh Soal Akuntansi Jurnal Umum Sampai Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Berbagai Contoh
Contoh Soal Akuntansi Jurnal Umum Sampai Laporan Keuangan Perusahaan Dagang Berbagai Contoh from berbagaicontoh.com

Contoh Soal Akuntansi Perusahaan Jasa: Jurnal Umum, Laporan Keuangan, dan Cara Penyelesaiannya

Akuntansi perusahaan jasa merupakan salah satu dari berbagai bidang akuntansi yang ada. Lebih dari itu, akuntansi perusahaan jasa juga merupakan tata cara untuk mencatat, menyimpan, dan menganalisis informasi financial dari berbagai transaksi yang dilakukan oleh perusahaan jasa. Tidak hanya itu, informasi yang dihasilkan dari akuntansi juga dapat digunakan untuk mengetahui keadaan keuangan perusahaan.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang akuntansi perusahaan jasa, berikut ini adalah contoh soal akuntansi perusahaan jasa yang bisa Anda pelajari, mulai dari jurnal umum hingga laporan keuangan. Selain itu, kami juga akan memberikan cara penyelesaiannya agar Anda bisa memahami lebih dalam lagi tentang akuntansi perusahaan jasa.

1. Jurnal Umum

Jurnal umum adalah salah satu dari berbagai hal yang diperlukan untuk mencatat transaksi keuangan yang terjadi di dalam sebuah perusahaan jasa. Jurnal umum berisi catatan transaksi yang telah terjadi dalam jangka waktu tertentu, baik yang berkaitan dengan pemasukan atau pengeluaran. Nah, berikut ini adalah contoh soal jurnal umum:

PT Globalindo telah menerima pembayaran sebesar Rp.2.000.000 dari salah satu pelanggannya. Berdasarkan informasi tersebut, berikut ini adalah jurnal umum yang akan dicatat oleh PT Globalindo:

Kredit (debit)
Kas Rp.2.000.000
Piutang Usaha Rp.2.000.000

2. Laporan Keuangan

Di samping jurnal umum, laporan keuangan juga merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam akuntansi perusahaan jasa. Laporan keuangan ini berisi berbagai informasi mengenai keuangan perusahaan, seperti laporan pendapatan, laporan rugi-laba, laporan arus kas, dan lain-lain. Berikut ini adalah contoh soal laporan keuangan:

PT Globalindo telah melakukan transaksi berikut ini dalam jangka waktu tertentu:

1. Pembelian bahan baku sebesar Rp.500.000
2. Pembelian barang dagangan sebesar Rp.1.000.000
3. Pembayaran gaji karyawan sebesar Rp.3.000.000
4. Penerimaan pembayaran dari pelanggan sebesar Rp.2.000.000
5. Pembayaran utang kepada pemasok sebesar Rp.1.000.000

Berdasarkan informasi di atas, berikut ini adalah laporan keuangan yang akan dibuat oleh PT Globalindo:

Kredit (debit)
Kas Rp.3.000.000
Hutang Usaha Rp.1.000.000
Piutang Usaha Rp.2.000.000
Persediaan Bahan Baku Rp.500.000
Persediaan Barang Dagangan Rp.1.000.000

3. Cara Penyelesaiannya

Untuk menyelesaikan soal-soal akuntansi perusahaan jasa yang telah disebutkan di atas, Anda harus mengikuti tata cara berikut ini:

1. Jurnal umum: Di dalam menyelesaikan soal jurnal umum, Anda harus menentukan akun yang akan dicatat, misalnya kas atau piutang usaha. Setelah itu, Anda harus mencatat jumlah dari transaksi yang terjadi pada masing-masing akun. Setelah itu, Anda harus mencocokkan jumlah yang tercatat di kedua akun tersebut.

2. Laporan keuangan: Di dalam menyelesaikan soal laporan keuangan, Anda harus memperhatikan berbagai transaksi yang telah terjadi dan mencatatnya di laporan keuangan. Setelah itu, Anda harus mencocokkan jumlah yang tercatat di masing-masing akun.

Dengan mengikuti tata cara penyelesaian di atas, Anda akan bisa menyelesaikan berbagai soal akuntansi perusahaan jasa. Selain it


Load Comments

Subscribe Our Newsletter

Notifications

Disqus Logo