Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Cara Mudah Mendebug Widget Di Dojo

| Comments

Pernah menggunakan Dojo Toolkit sebagai UI layer? Pernah merasa kalau dokumentasi di Dojo itu sangat sedikit sekali ? Bingung tentang function apa saja yang terdapat di komponen tersebut ? Jika iya berarti sama dengan saya ketika dulu baru pertama kali baru mulai menggunakan Dojo sebagai pilihan untuk sisi UI. Sebenar-nya Dojo merupakan pilihan yang cukup “mumpuni” dibandingkan dengan ExtJS dari sisi kelengkapan widget-widget yang disediakan, tetapi sayang-nya kelengkapan widget ini tidak didukung dengan dokumentasi yang sepadan jika dibandingkan dengan ExtJS yang dokumentasi-nya cukup lengkap dari tutorial sampai ke sisi API (Application Programming Interface)-nya.

Meskipun Dojo Toolkit juga mempunyai sebuah halaman API Documentation, tapi rasanya masih kurang lengkap menurut saya. Nah untuk mendebug sebuah widget Dojo untuk menampilkan seluruh function yang terdapat didalam-nya, maka kita memerlukan sebuah browser dan Firebug sebagai alat bantu kita (jika menggunakan Chrome, tidak perlu firebug lagi karena kita bisa membuka Developer Tools dengan menekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+J)

Sebagai contoh misalkan kita mempunyai sebuah widget grid dengan id tblSettingSegment seperti gambar dibawah ini :

jika grid tersebut sudah tampil di browser, maka bukalah firebug atau tekan kombinasi tombol CTRL+SHIFT+J kemudian di console ketikkan perintah dijit.byId('tblSettingSegment') kemudian tekan ENTER hingga Firebug tampilan-nya menjadi seperti dibawah ini :

Setelah hasilnya seperti diatas, maka kita bisa melihat seluruh fungsi yang terdapat di dojo grid tersebut dengan mengklik hasil output tersebut hingga tampilan-nya seperti gambar dibawah ini :

Nah disini kita bisa melihat seluruh function yang digunakan oleh Dojo grid baik yang terdapat di halaman API Documentation maupun tidak :) Mudah bukan ?

Beri Komentar Lewat Facebook:

Beri Komentar Lewat Disqus: