Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Bercengkrama Dengan Nusantarider Di Event Ride N Roast

| Comments

“Ride and Roast” itulah tema kumpul-kumpul teman-teman Nusantaride yang diselenggarakan pada tanggal 20 April 2013 kemarin dan bertempat di koordinat -6.73921, 107.00591 yang ternyata lokasi-nya adalah di daerah Cibodas (tepatnya sih di Camping Ground Cibodas - depan kantor Taman Nasional Gede Pangrango - TNGP) :D Rencana awal perjalanan ini sebenarnya adalah “solo riding” dikarenakan navigator yang saya ajak di event Ride, Lunch and Laugh kemarin tidak bisa ikut, tanpa disangka-sangka Om Herri dan Om Farid mengajak untuk riding bareng. Tapi sayang-nya om Herri mengusulkan tikum di daerah pancoran sedangkan om Farid tikum di cibinong, setelah berdiskusi akhirnya di putuskan saya akan tikum dulu dengan om Herri di daerah pancoran tepat jam 08:00 baru kemudian menuju ke Cibinong untuk ketemu dengan om Farid tepat jam 09:00 lalu meluncur bareng-bareng menuju lokasi acara :)

Hari Sabtu itu tanggal 20/04/2013 tepat jam 07:30 saya mulai meluncur ke daerah pancoran untuk bertemu dengan om Herri, kondisi jalanan menuju ke pancoran sangat lenggang waktu itu tidak seperti hari-hari biasanya dan setengah jam kemudian akhirnya saya bertemu dengan om Herri :) Tanpa banyak bicara, akhirnya kita berdua mulai perjalanan menuju ke Cibodas dengan sebelum-nya melipir kesuatu tempat yang kata om Herri terdapat sebuah setu yang katanya ada pemandangan bagus dan cocok buat foto-foto :D (meskipun pada akhir cerita setu-nya juga masih belum ketemu :( ).

Ternyata kondisi jalanan yang lenggang hanya saya nikmati dari kalimalang sampai pancoran saja, sebaliknya perjalanan dari pancoran - pasar minggu - depok - cibinong di beberapa titik cukup padat :( Dan entah bagaimana ceritanya, saya juga lupa ngasih tahu ke om Herri lokasi om Farid menunggu kita :( yang menyebabkan kita tetap melanjutkan perjalanan menuju ke citeureup. Setelah melewati sebuah pasar di daerah pintu tol Citeureup, akhirnya kita bisa menjumpai hijau-nya pemandangan alam pedesaan setelah beberapa jam riding hanya melihat rumah-rumah saja.

Setelah puas foto-foto, akhirnya perjalanan kita lanjutkan kembali dengan kecepatan kurang lebih 40-50 km/jam dikarenakan ingin menikmati pemandangan yang cukup membuat mata ini jadi segar (sekalian cari spot buat foto-foto tentunya) :D :) Karena sebelum berangkat saya juga belum sarapan, akhirnya kitapun mampir disebuah warung di pinggir jalan untuk segera mengisi perut yang sedang keroncongan ini sekaligus beristirahat dan menu saya pagi ini adalah kopi hitam, mie goreng, telor bulet dan nasi putih :D Ketika sedang menunggu hidangan datang, tiba-tiba sebuah motor pulsar merah melintas dan berhenti di warung tempat kita sedang beristirahat. Dan ternyata pengendara pulsar merah tersebut adalah om Farid yang mengatakan melihat sticker nusantaride ketika saya tanya koq tau kita disini. Akhirnya obrolan kita pun menjadi semakin ramai dikarenakan penghuni warung jadi bertambah :) setelah prosesi salam-salaman selesai akhirnya kita-pun ngobrol-ngobrol dengan tema pengalaman riding om Farid dan om Herri ketika melakukan perjalanan ke Dieng dan Halimun. Dan sayapun menjadi pendengar setia sembari menuntaskan sarapan yang kesiangan :D

Sesudah sarapan, ngopi dan curhat-curhat'an, akhirnya perjalanan-pun kita lanjutkan dengan om Herri tetap sebagai RC rombongan mini ini :) Suasana jalan yang kita tempuh kali ini masih didaerah pedesaan dengan pemandangan sawah, gunung dan hamparan awan siang itu masih mendominasi perjalanan kita bertiga. Kadang-kadang disebuah tempat yang menurut kita bagus, kita berhenti sekedar untuk bernarsis ria dengan berlatarkan pemandangan alam (dalam hatipun saya sempat berkata, ternyata di dekat Jakarta ada juga pemandangan seperti ini). Semakin lama kita riding, perjalanan yang tadinya di dominasi tanjakan-tanjakan yang cukup landai berganti menjadi tanjakan-tanjakan yang cukup membuat motor saya ngos-ngos-an :D . Tapi pemandangan yang disuguhkan juga tidak kalah indahnya, karena kita sempat melewati hutan pinus yang cukup lebat (selebat hutan pinus yang ada di gunung bunder), ada 2 curug yang kita ga mampir karena sudah terlalu siang dan ada beberapa kondisi jalan semi-offroad yang membuat kita sedikit berbasah-basah ria dengan lumpur :D

Akhirnya setelah beberapa jam riding didalam hutan, akhirnya kita bertiga-pun kembali ke jalan raya utama Bogor dengan kondisi tanpa ada masalah sedikitpun :) Karena saya juga baru pertama kali melewati rute ini, iseng-iseng akhirnya saya melihat ke aplikasi “MyTrack” yang sejak berangkat sudah saya nyalakan, dan inilah hasil perjalanan kita kali ini hingga menuju ke pintu masuk “Taman Nasional Gede Pangrango” nanti :)

View Larger Map

Dan akhirnya tepat jam 01:30 kita bertiga sampai di pintu masuk “Taman Nasional Gede - Pangrango”, dan bagi saya ini adalah momen pertama saya menginjakkan kaki di daerah TNGP. Kesan pertama yang saya tangkap ketika pertama kali memasuki kawasan ini adalah, nuansana-nya kental banget dengan suasana pendakian ya pastilah :D karena di sini merupakan salah satu jalur resmi pendakian ke Gunung Gede - Pangrango selain pintu Gunung Putri dan Selabintana. Selain itu dengan bertebaran beberapa toko yang menjual alat-alat pendakian menjadikan suasana di Cibodas ini lebih dari sekedar tempat wisata keluarga :)

Pada awalnya kita bertiga sempat kebingungan, dimana lokasi event “Ride and Roast” akan di gelar. Tapi berdasarkan ingatan “nanti kalau di Cibodas, melipir saja ke markas Green Ranger” maka akhirnya saya beranikan diri bertanya ke penjual makanan di dalam dimanakah markas “Green Ranger” ? Dan akhirnya, setelah mengikuti petunjuk yang sudah diberikan, kitapun meluncur menuju markas “Green Ranger”. Sembari mencari-cari tempat parkir yang pas, akhirnya kita menemukan beberapa motor dengan sticker Nusantaride. Dengan hati yang mantap, akhirnya kitapun memarkir kendaraan kita masing-masing di dekat motor dengan sticker Nusantaride tersebut. Cuma karena kita bertiga tidak ada yang kenal satu orangpun di markas “Green Ranger”, akhirnya saya-pun memesan kopi di warung yang lokasinya dekat dengan parkiran motor :)

Semakin sore, akhirnya kawan-kawan lain-nya pun mulai berdatangan secara bergantian dan ini membuat suasana jadi semakin hangat dengan candaan konyol yang sering terlontar. Dan kadang kita juga mendengarkan cerita dari pakde Ija tentang ekspedisi Sap7aranu-nya :) Karena semakin sore udara jadi semakin dingin, akhirnya kitapun menyepakati untuk ngobrol di dalam warung saja sembari makan dan ngopi buat kawan-kawan yang mau makan ;)

Malam minggu itu di kaki Gunung Gede udara rasanya jadi semakin dingin, tapi dinginnya udara malam tidak mempengaruhi keceriaan teman-teman Nusantaride. Semakin malam, obrolan jadi semakin hangat dan menjurus panas karena ada cerita kocak berseri tentang si “Usman” :D Obrolan teman-teman malam itu lebih banyak tentang seputar cerita mistis, pengalaman berkendara ke ujung barat Indonesia (titik 0 KM) oleh om Ijul yang membuat saya tetap antusias dan tidak mengantuk mendengarkan cerita-cerita seru dari para penjelajah motor ini :) Dan ketika dirasa sudah teman-teman yang berkumpul sudah banyak, akhirnya acara “Roast” kita laksanakan dengan mengambil lokasi di Camping Ground yang tempatnya berada sebelum Curug Cibeureum :)

Dan akhirnya, mari kita foto keluarga dulu 1….2….3….Cheeerss….. :)

Setelah semua sate habis :D akhirnya kita pun kembali ke warung yang lokasi-nya dekat dengan tempat parkir motor kita, sembari melanjutkan cerita si “Usman” yang terpaksa kepotong waktu acara bakar-bakar tadi :D Akhirnya entah bagaimana ceritanya, teman-teman semua memutuskan pulang malam itu juga. Tepat jam 01:30, akhirnya kita semua turun dan kembali ke Jakarta :) Dan akhir-nya saya-pun sampai di kos-kosan tepat hari Minggu jam 03:00 dini hari dengan selamat sentosa dan tidak lupa saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besar-nya untuk :

1. Tuhan YME, yang sudah memberikan keselamatan pada perjalanan ini
  2. Om Herri dan Om Farid, yang sudah menjadi teman disaat pergi dan pulang. Berkat om-om ini, perjalanan jadi semakin seru dan menemukan tempat-tempat dengan pemandangan yang cukup indah :)
  3. Segenap warga Nusantaride yang menyambut saya dengan tangan terbuka untuk bergabung :)