Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Bermain Air Minggu Pagi Di Sungai Citarik

| Comments

Perjalanan kali ini sebenarnya merupakan perjalanan balas dendam gara-gara rencana tahun kemarin batal :( , karena tidak ingin gagal untuk kedua kali-nya akhirnya untuk perjalanan kali ini kita mengajak teman-teman kantor dari divisi lain selain divisi IT tempat dimana saya bersemayam :D Dan akhirnya kita putuskan untuk “Rafting di Citarik” awal bulan April tepatnya tanggal 07/04/2013 :)

Rafting kita kali ini menggunakan jasa dari pihak Kaki Langit Adventure yang menurut kita tidak terlalu mahal, sedangkan semua urusan booking membooking di urus langsung oleh Mas Idhi. Setelah berdiskusi dengan teman-teman yang lain, akhirnya kita putuskan untuk mengambil paket arung jeram yang 9 KM supaya bisa lebih lama bermain-main airnya :) Setelah semua urusan dengan pihak Kaki Langit Adventure selesai, akhirnya kitapun sepakat untuk berkumpul di kantor hari Sabtu 06/04/2013 jam 22:00.

Akhirnya tepat jam 23:00 kita semua berangkat menuju basecamp Kaki Langit Adventure sebagai EO yang kita sewa, dan tim kita dalam perjalanan kali ini berjumlah 11 orang dengan komposisi 4 cewek dan 7 cowok :) Karena diantara kita belum ada yang pernah ke tempat Kaki Langit Adventure, sedangkan peta lokasi yang diberikan juga kurang jelas. Akhirnya kitapun menggunakan bantuan dari Google Maps yang akhirnya didapatlah rute menuju lokasi seperti dibawah ini :

View Larger Map

Karena berdasarkan rute yang didapat dari Google Maps kita diarahkan lewat Cikidang, dan diantara kita belum ada yang pernah melewati jalur tersebut. Maka akhirnya kita putuskan untuk mencari tempat peristirahatan dahulu sekedar untuk menunggu pagi datang baru kemudian melanjutkan perjalanan kembali, perjalanan menuju ke daerah Cikidang bisa dikatakan biasa-biasa saja dan hanya ditemani oleh gerimis dengan intensitas sedang.

Setelah berjalan kurang lebih 2 jam, akhirnya kita memutuskan untuk beristirahat di sebuah SPBU sebelum pertigaan Cikidang. Disini semua teman-teman berusaha untuk beristirahat sekedar untuk menyimpan tenaga untuk besok pagi, sedangkan saya sendiri tidak bisa tidur dan malam itu saya habiskan dengan ngopi dan internet'an menggunakan handphone :swt:

Akhirnya tepat jam 05:30 setelah semua teman-teman bangun, perjalanan-pun akhirnya kita lanjutkan dengan panduan dari Google Maps. Kesan pertama ketika mulai memasuki daerah Cikidang yang saya tangkap adalah “Kenapa dulu waktu ke Sawarna tidak lewat sini ya ? :( ” karena jalanan daerah Cikidang sangat bagus dan mulus disertai tikungan-tikungan yang cukup tajam selain itu pemandangan disepanjang jalan juga sangat indah :) (dibanding ke Sawarna lewat Cikembar :( ) akhirnya kitapun tergoda untuk bernarsis ria disini :D

Para Bidadari Full Team

Pemandangan Jalur Cikidang

Setelah puas foto-foto, akhirnya kita putuskan mencari sarapan untuk mengisi perut yang sudah mulai keroncongan dan akhirnya warung Ibu Heni yang jadi sasaran kita untuk memuaskan rasa lapar yang sudah mulai menggila ini. Tapi sayang-nya, rasanya koq ya terlalu asin menurut kita :( iks…

Melipir Buat Sarapan View yang Bikin Betah

Pemandangan di Dekat Warung Ibu Heni Warung Ibu Heni

Karena kita dapat jadwal pagi (tepatnya jam 09:00), akhirnya setelah sarapan kita pun langsung melanjutkan perjalanan lagi. Kondisi perjalan menuju ke basecamp Kaki Langit Adventure tepatnya di daerah Cikidang ini benar-benar sangat cocok untuk menggunakan motor apalagi untuk yang senang touring menggunakan roda dua :) Selain karena kondisi jalan-nya yang mulus, pemandanganan-nya yang bagus dan disini juga cocok untuk foto-foto :) Dan sekedar saran, karena tikungan di sini cukup tajam, usahakan jangan memacu kendaraan terlalu kencang :)

Kondisi Tikungan di Cikidang Tikungan 2

Tepat jam 07:23 akhirnya kitapun sampai dengan selamat di basecamp Kaki Langit Adventure, karena kita start untuk rafting-nya juga masih lama (kita start jam 09:00) akhirnya kesempatan ini kita gunakan untuk beristirahat di musholla :)

Kaki Langit Adventure

Ketika sedang enak-enaknya tidur, akhirnya kita di beritahu supaya kita segera siap-siap karena rombongan kita akan segera berangkat menuju ke titik awal rafting :) Setelah berganti baju dengan baju yang sudah kita siapkan, sebelum mulai jalan kita semua berdoa dulu. Setelah berdoa selesai, akhirnya kita dibagi menjadi 3 team dengan 3 perahu dan akhirnya tepat jam 08:30 kita berangkat menuju ke titik start untuk rafting :)

Foto Keluarga Narsis Dulu

Ayuk Kita Capcus Kita Berangkat

Jalananya Jelek Waa Ga Sabar Neh

Setengah jam kemudian akhirnya kitapun sampai di titik awal rafting :) Dan akhirnya kitapun mulai menaiki perahu dan rafting pun dimulai :)

Narsis Dulu Yeaa Akhirnya

Wuiii Perahu Team 1

Perahu Team 2 Perahu Team 3

Setelah dua jam lebih bergelut dengan deras dan dingin-nya air sungai Citarik, akhirnya kitapun sampai di garis finish. Dan dari semua perahu, ternyata hanya perahu di team 2 saja yang seluruh personelnya tidak kecebur sama sekali. Sedangkan perahu di team 1 dan 3 semua personelnya sempat merasakan hanyut di deras-nya arus sungai Citarik, kesan pertama yang saya rasakan sebelum kecebur adalah takut karena arus-nya cukup deras. Tapi ketika sudah kecebur dan merasakan nikmatnya diombang-ambingkan arus sungai Citarik koq jadi kepingin mengulang lagi :) , saran saya untuk yang belum pernah rafting jangan takut kecebur nikmatin saja sensasinya seru koq ;)

Waktu sampai digaris finish ini ada kejadian lucu, kita waktu itu ditawarin oleh guide yang ada di perahu. Jika mau kita bisa berenang untuk mencapai ke pinggir sungai, kalau tidak mau nanti kita antar sampai pinggir. Karena masih pingin merasakan dinginnya sungai Citarik, akhirnya banyak teman-teman yang otomatis langsung nyebur untuk berenang menuju ke tepian :) Nah disinilah kejadian lucu itu, ternyata banyak dari kita berenang di putaran arus sungai. Jadi sekuat apapun kita berenang, hasil akhirnya posisi kita tetap disitu-situ juga karena ternyata kita berenang melawan arus :swt: (ini kita ketahuin ketika sudah naik di pinggir sungai) Dan akhirnya meskipun dengan susah payah mencapai pinggir sungai, kita-pun bisa menikmati segarnya kelapa muda baru kemudian kita kembali ke basecamp Kaki Langit Adventure :)

Akhirnya Sampai Pinggir Juga Segarnya Kelapa Muda

Pose Lagi

Akhirnya tepat jam 11:30 kita pun sampai juga di basecamp Kaki Langit Adventure, dan agenda kita kali ini adalah mandi, makan siang, istirahat sebentar dan kemudian langsung kembali ke Jakarta karena besok semua harus masuk kantor :D

Menu Makan Siang Wajah-wajah Kelelahan

Yang Cowok juga Capek

Dan tepat jam 12:30 kitapun bertolak kembali menuju Jakarta dengan kondisi jalanan yang diguyur hujan dengan itensitas sedang, rute yang kita tempuh juga masih sama dengan rute waktu kita berangkat dan untungnya kita belum kena macet di jalan raya sukabumi. Macet baru ditemui waktu mau masuk pintu tol Ciawi :)