Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Cara Mudah Memiliki Tabungan Emas

| Comments

Mungkin masih banyak yang mengira kalau memiliki emas batangan atau Logam Mulia (LM) itu susah karena mahal, tapi bagi saya tidak susah tapi masih tetap saja mahal :D Banyak buku-buku atau diskusi-diskusi tentang investasi pasti menyarankan investasi saja di emas yang Logam Mulia (LB) (bukan emas perhiasan loh ya) di karenakan emas ini sangat likuid harganya dipasaran dan terbukti dari tahun ke tahun harga emas selalu naik :)

Untuk teman-teman yang mempunyai rencana menabung, saran saya adalah menabunglah dengan emas Logam Mulia (LM) dari SEKARANG. Mungkin banyak yang berkata “Harga-nya mahal sekali, gaji saya tidak cukup untuk membeli :( . Apakah saya masih bisa menabung emas ?”. Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang paling sering saya terima ketika saya menjelaskan ke teman-teman saya untuk mulai menabung emas dari pada menabung di bank (mungkin pertanyaan itu juga ada dalam benak anda), dan jawaban yang saya berikan adalah “Anda masih bisa menabung emas” :)

Sebelum menginjak lebih jauh, yang saya bicarakan disini adalah emas batangan (Logam Mulia) yang dijual oleh PT. Antam melalui anak perusahaan-nya yaitu Logam Mulia. Dan yang kita bicarakan adalah emas dengan ukuran 5 dan 10 gram saja :D tidak kurang dan tidak lebih :) Seperti yang bisa lihat pada daftar harga emas yang dikeluarkan oleh Logam Mulia pada saat tulisan ini dibuat (yaitu tanggal 08/07/2012), emas 5 gram dijual sebesar Rp. 2.545.500,- sedangkan untuk ukuran yang 10 gram adalah Rp. 5.050.000,- Hm… harga yang cukup “lumayan” bukan ? :D

Untuk teman-teman yang belum sanggup membeli secara tunai/kontan tiap bulan, ada cara yang lebih mudah dan terpercaya untuk mulai menabung emas batangan ini dan cara ini sudah saya buktikan dari tahun kemarin :) “Bagaimana cara-nya saya dapat mulai menabung emas, padahal harga-nya cukup mahal??” Cara-nya adalah “Kita beli emas dengan cara kredit atau cicilan” :) Emang kita bisa beli emas dengan cara “kredit” ? Tentu bisa dong :) Kalau anda menanyakan ini, berarti anda belum tahu sama sekali bahwa ternyata ada yang menjual emas secara kredit loh dan penjual ini merupakan badan yang sudah terpercaya juga di Indonesia dan tersebar hampir diseluruh wilayah nusantara kita :)

Tahukah kalian kalau ternyata Pegadaian yang mottonya “Menyelesaikan masalah tanpa masalah” itu juga melayani pembelian emas secara kredit ? Jika belum tahu, datanglah segera ke pegadaian terdekat dari rumah anda dan tanyakan atau minta brosur tata cara pembelian emas di pegadaian supaya mendapatkan informasi yang lebih jelas dan terpercaya. Cara inilah yang saya lakukan tahun lalu ketika awal-awal melakukan pembelian emas secara kredit melalui pegadaian, dan saya juga minta brosur dari pihak pegadaian sebagai bahan referensi pribadi saya yang penampakan-nya kurang lebih seperti gambar dibawah ini :

Brosur Emas Di Pegadaian

Simulasi Kredit Emas Di Pegadaian

Dan jika kredit kita di pegadaian sudah lunas, maka kita akan menerima emas kita beserta sertifikat dari Antam yang bentuknya seperti gambar dibawah ini dibawah ini (gambar diambil dari forum kaskus) :

Emas Dan Sertifikat Antam

Emas Dan Sertifikat Antam2

Emas Dan Sertifikat Antam3

Waw… mantap bukan ? :)

Nah setelah kita menerima emas batangan kita, ada baik-nya juga kita mengecek apakah emas yang kita terima itu asli yang dikeluarkan oleh PT. Antam atau bukan. Sedangkan cara pengecekan ini dapat kita lakukan dengan cara :

  • Pengecekan keaslian sertifikat

    Untuk pengecekan sertifikat ini ada 2 cara yaitu :

    • Pengecekan dibawah sinar ultra violet

      Untuk melakukan pengecekan dibawah sinar ultra violet ini caranya adalah, terawang-kan lah sertifikat emas anda dibawah lampu ultra violet dan jika asli sertifikat anda akan menampilkan garis-garis seperti yang biasa kita lihat pada uang kertas. Dan kalau kita lihat dibalik sertifikat-nya, kita akan melihat deskripsi detail dari emas yang kita beli seperti pada gambar dibawah ini :

      Sertifikat Antam Menampilkan Garis

      Sertifikat Antam Menampilkan Deskripsi Emas

    • Pengecekan dibawah sinar matahari,

      Sertifikat Antam juga bisa kita cek melalui media sinar matahari dengan cara menerawangkan sertifikat kita ke arah sinar matahari, dan harus-nya sertifikat kita akan menampilkan logo watermark dari perusahaan pencetak sertifikat tersebut yaitu PT. Swadharma seperti gambar dibawah ini :

      Sertifikat Ketika Diterawang Di Bawah Sinar Matahari

      Sedangkan detail dari isi sertifikat tersebut adalah sebagai berikut :

      Gambar Gambar Detail Isi Sertifikat Antam

      1. Alamat resmi unit pemurnian Logam Mulia.
      2. Tingkat kemurnian emas Logam Mulia.
      3. Berat emas Logam Mulia dalam gram.
      4. Dimensi ukuran pecahan emas Logam Mulia dalam milimeter.
      5. Kode seri pada emas Logam Mulia jikalau tersedia. Kode seri ini juga akan ter-engrave di Logam Mulia nya juga. Kode seri tidak ada untuk pecahan 1 gram hingga 5 gram. Kode seri hanya ada pada pecahan 10 gram desain terbaru 28 Februari 2011 ke atas.

Nah bagaimana teman-teman mudah dan sederhana bukan ? Daripada kita menabung di bank yang bunga-nya kecil, lebih baik kita langsung menabung-nya dengan media emas Logam Mulia yang harga-nya tiap tahun dipastikan naik terus :)

Selamat berinventasi teman-teman, dan persiapkan masa depan kita dengan sebaik-baiknya ;)

Referensi-referensi terkait :

  1. Emas Sebagai Penangkal Inflasi
  2. Dosa-dosa USD Terhadap Emas

Beri Komentar Lewat Facebook:

Beri Komentar Lewat Disqus: