Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Pidgin and GNOME 3

Sejak menggunakan GNOME 3, saya jarang sekali menggunakan pidgin sebagai pengganti YM (yahoo messenger). Masalahnya yaitu pidgin belum dapat menampilkan notification layaknya Empathy yang sudah ter-integrasi dengan baik di GNOME 3. Nah sebagai gantinya, saya selalu menggunakan Gtalk selama ini sebagai solusi IM :)

Kemarin secara tidak sengaja, saya menemukan sebuah Pidgin GNOME Shell Extension yang bisa dilihat disini, setelah membaca panduan tersebut ternyata caranya sangat mudah yaitu buatlah dahulu direktori pidgin@gnome-shell-extensions.gnome.org didalam direktori ~/.local/share/gnome-shell/extensions. Kemudian simpanlah file metadata.json dan extension.js ke direktori pidgin@gnome-shell-extensions.gnome.org.

Jika sudah, sekarang restartlah GNOME Shell dengan menekan tombol ALT+F2 kemudian ketik r+ENTER. Setelah melakukan langkah ini, maka harusnya ketika ada seorang teman yang mengajak chatting GNOME akan menampilkan notification-nya seperti gambar dibawah ini :

Tampilan Notification Pidgin di GNOME 3
Tampilan Notification Pidgin di GNOME 3

Tampilan Notification Pidgin di GNOME 3
Tampilan Notification Pidgin di GNOME 3

Nah dengan begini, gtalk akan saya akses menggunakan pidgin saja :) Dikarenakan fitur utama pidgin yang tidak bisa saya tinggal yaitu adalah fasilitas logchat-nya :) Bagaimana dengan teman-teman yang lain, apakah ada fitur bagus di GNOME yang bisa di sharing ? :)

Referensi terkait :

  1. Pidgin and GNOME 3

  2. gnome-shell-extensions-pidgin

Comments