Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Take Screenshot From Your HTC Desire

| Comments

Selama mengikuti perkembangan Android di milis id-android@googlegroups.com ada yang paling mengesankan buat saya, yaitu tentang bagaimana caranya mengambil screenshot screen yang terdapat pada handphone kita :D Nah karena saya juga pengguna awam Android maka posting pertama ini juga yang enteng-enteng dulu :D Yuuk mari kita mulai aja :)

Pertama yang harus dilakukan agar kita bisa mengambil screenshot yaitu meng-aktifkan fitur USB Debugging pada HTC Desire yang anda miliki, sedangkan untuk mengaktifkan fitur ini langkah-nya yaitu pada tampilan Home Screen tekanlah tombol menu kemudian pilihlah opsi Settings seperti gambar dibawah ini :

Settings
Tampilan Menu Home Screen

Pada jendela Settings sekarang cari dan pilihlah menu Applications seperti dibawah ini :

MenuSettings
Tampilan Menu Settings

Setelah memasuki menu Applications, sekarang pilih-lah menu Development seperti gambar dibawah ini :

Development
Tampilan Menu Development

Didalam menu Development ini terdapat tiga opsi yaitu USB Debugging, Stay Awake dan Allow mock locations. Centang-lah menu pilihan USB Debugging hingga menjadi seperti dibawah ini :

EnableUSBDebugging
Tampilan Menu Enable USB Debugging

Sampai disini proses konfigurasi pada HTC Desire kita telah selesai dilakukan :) Nah sekarang sebelum lanjut pada langkah selanjut-nya, install-lah dahulu Android SDK pada komputer atau laptop anda (Jika belum meng-install Android SDK, mungkin bisa baca-baca proses installasi yang sudah saya coba pada posting Installasi Android SDK Untuk Pengembangan Aplikasi Android) :) . Jika sudah, sambungkan-lah HTC Desire dengan laptop atau komputer anda menggunakan kabel data bawaan HTC Desire dan pilihlah mode Charge Only. Setelah itu, sekarang gantilah hak akses kita menjadi root kemudian masuklah kedalam direktori $ANDROID_HOME/tools/ dan jalankan-lah perintah ./ddms. Jika tidak ada kesalahan, harusnya kita sudah bisa melihat tampilan HTC Desire kita tampil pada jendela Dalvik Debug Monitor seperti gambar dibawah ini :

DalvikDebugMonitor
Tampilan Dalvik Debug Monitor

Jika sudah, sekarang cobalah tekan CTRL+S pada Dalvik Debug Monitor dan tada…. kita sudah bisa mengambil screenshot pada HTC Desire kita seperti gambar dibawah ini :

TakeScreenshot
Tampilan Screenshot Home Screen with Live Wallpaper

Mudah bukan ?? Dan ternyata proses-nya tidak serumit yang saya bayangkan :) Soalnya jalan mulus di Slackware yang saya gunakan :D :)

Beri Komentar Lewat Facebook:

Beri Komentar Lewat Disqus: