Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Dark Color Themes for NetBeans IDE

| Comments

Pernah merasa capek terlalu lama bekerja dengan NetBeans ?? Atau terlalu silau ketika mengarang menggunakan NetBeans ? Jika ya, mungkin teman-teman perlu mencoba mengganti Font and Colors Profile pada NetBeans agar kelihatan lebih sejuk ketika dipandang mata :) Buat pengguna Sistem Operasi Apple, mungkin sudah pernah kenal dengan yang namanya Textmate, berdasarkan riset yang tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenaran-nya (berdasarkan hasil googling sementara :D ) ; ternyata Textmate mempunyai Dark Colors Themes yang sangat menarik dan keren dan bisa teman-teman lihat pada halaman Galery Themes milik Textmate. Penasaran seperti apakah tampilan Dark Colors Themes ini di NetBeans?? Mari kita lihat beberapa screenshot dibawah ini :

XML
Tampilan XML File

SQL
Tampilan SQL File

PHP
Tampilan PHP File

Java
Tampilan Java File

Tampilan NetBeans dengan Dark Colors Scheme diatas saya dapatkan dari blog Dark Themes for NetBeans, dan tampilan diatas merupakan clone dari Succulent Theme yang mempunyai tampilan seperti dibawah ini : Suchulent
Tampilan Themes Suchulent Pada Textmate

Ya meskipun tidak sama persis, tapi setidaknya bisa membuat “mata” bisa sedikit lebih sejuk :) Sedangkan untuk cara installnya, setelah proses download file succulent-netbeans.zip selesai. Ekstrak dan copykan seluruh file yang tersebut kedalam direktori /home/user/.netbeans/6.9/config/Editors, setelah itu teman-teman bisa mulai menggunakan Dark Themes ini melalui menu Tools > Options > Font and Colors dan hasil akhirnya adalah teman-teman akan mendapatkan tampilan seperti beberapa schreenshot diatas :)

Bagaimana teman-teman ? Bagaimana tampilan NetBeans yang teman-teman gunakan sehari-hari ? :)

Link-link terkait:

  1. Mengganti Editor Font Pada NetBeans IDE

Beri Komentar Lewat Facebook:

Beri Komentar Lewat Disqus: