Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

WordPress Top 10 Plugin

| Comments

Buat teman-teman yang sering nge-blogging, pasti sudah tahu dong salah satu Content Management System (CMS) populer yang paling gampang dan mudah untuk kegiatan blogging ini. Yaps WordPress menjadi salah satu pioner dalam hal ini, proses installasi yang mudah, dukungan komunitas yang luas dan yang tidak kalah penting yaitu banyak-nya dukungan plugin yang tersedia dan bisa di download secara gratis di kumpulan plugin wordPress :) sangat-sangat memanjakan pengguna WordPress seperti saya ini :D :)

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba membagikan 10 plugin wordpress yang menurut saya bagus dan layak dicoba pada blog teman-teman :) Sedangkan beberapa daftar plugin tersebut yaitu :

  1. WP Syntax, untuk teman-teman yang sering mempublish tulisan bertipe tutorial dan sering menyertakan potongan source code yang membutuhkan fasilitas syntax highlighting plugin ini layak dicoba loh :) Karena dukungan bahasa pemrograman pada plugin ini sangat-sangat banyak sekali, contoh-nya yaitu : Java, PHP, Shell Script, Txt, C, C++, MySQL Script, TCL, Pascal, SQL, Perl, C#, PL/SQL, Python, JavaScript, dll :) Nah jika teman-teman merasa penasaran dan tertarik untuk mencoba, mungkin teman-teman bisa melihat sendiri pada halaman plugin WP Syntax :)

  2. Akismet, sedang berperang melawan spam pada kolom komentar di blog teman-teman ? Jika iya, pertimbangkan penggunaan plugin Akismet ini sebagai pilihan utama :D Saya juga sudah pernah mencoba plugin Math AntiSpam juga, tapi sayangnya ternyata masih tembus juga oleh spam dan akhirnya beralih menggunakan Akismet sebagai Spam Guard utama saya :) Plugin ini biasanya sudah termasuk pada installer WordPress, jadi kita tidak perlu mendownload plugin ini lagi :D

  3. WP-Print, membutuhkan fasilitas printing ? Jika iya, mungkin plugin WP Print ini cocok buat teman-teman. Kelebihan dari plugin ini adalah fasilitas pembuatan link menjadi sebuah catatan kaki yang bagus seperti pada buku-buku literatur :) Tertarik mencoba ? Cek dan download pluginnya pada halaman plugin WP Print

  4. Wordpress.com Stats: Top Posts Widget, plugin ini digunakan untuk melacak daftar artikel terpopuler pada blog kita. Dengan menggunakan plugin ini, kita bisa tahu artikel-artikel mana saja yang sering dibaca oleh pengunjung blog. Sayangnya daftar artikel populer yang ditampilkan cuma 3 saja :( (atau saya yang belum tahu cara konfigurasi-nya yah ?? ) Nah jika ingin mencoba plugin ini, silahkan segera meluncur ke halaman plugin WordPress Stats Top Post Sidebar Widget :)

  5. WP OnlyWire Auto Poster, plugin ini digunakan untuk melakukan automatic posting ke beberapa situs social bookmarking yang terdapat di Internet. Total situs-situs social bookmarking yang didukung oleh plugin WP OnlyWire Auto Poster ini kurang lebih ada 33 situs social bookmarking. Waw… jumlah yang mantap bukan ?? :D :) Jika teman-teman tertarik, silahkan download pluginnya disini

  6. AddToAny: Share/Bookmark/Email Button, plugin ini secara fungsi tidak jauh berbeda dengan plugin WP OnlyWire Auto Poster. Yang membedakan-nya adalah eksekutor-nya :D Plugin AddToAny: Share/Bookmark/Email Button ini lebih ditujukan untuk pengunjung blog kita yang merasa tertarik terhadap postingan kita, jika ingin mendownload plugin ini teman-teman bisa langsung menuju ke halaman plugin AddToAny :).

  1. All in One SEO Pack, ingin menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) pada blog teman-teman ? Silahkan coba plugin ini :) Plugin ini membawa beberapa fitur keren loh seperti konfigurasi Post Title Format, Page Title Format, Home keywords, Home Title, Rewrite Tile, dll Sudah tidak sabar ? Yuuk silahkan cek langsung pada halaman plugin All in One SEO Pack :)

  2. SEO SearchTerms Tagging 2, ingin mendapatkan jumlah pengunjung blog yang banyak dari mesin pencari ? Kalau iya silahkan gunakan plugin ini :D Plugin ini mempunyai fungsi untuk mencatat daftar keyword populer yang masuk ke blog kita dari mesin pencari dan membuat sebuah internal link ke posting blog kita :) Makin penasaran ? Silahkan download plugin ini disini dan untuk teman-teman yang belum tahu, plugin ini adalah buatan orang Indonesia loh :)

  3. WordPress.com Stats, ingin mengetahui total jumlah pengunjung blog kita pada hari ini ? Atau posting kita diakses atau dibaca berapa kali sih ? Jika iya, maka teman-teman wajib untuk menginstall plugin ini :) Dengan plugin ini, kita bisa mengetahui perkiraan jumlah pengunjung yang mengakses blog kita dan mengetahui tulisan-tulisan mana saja yang sering dibaca. Agar plugin ini berjalan dengan sempurna, maka kita memerlukan WordPress API Key yang bisa kita dapatkan setelah kita melakukan registrasi pada situs WordPress Tertarik menggunakan plugin ini ? Jika ya, maka teman-teman bisa mendownload-nya pada halaman plugin WordPress Stats :)

  4. . Whydowork Adsense, capek tiap kali ganti template blog harus sekalian mengedit code untuk menempatkan Google Adsene ? Dengan menggunakan plugin ini, kita sudah tidak perlu melakukan proses modifikasi template untuk menaruh Google Adsense kita :) , selain itu plugin ini juga menawarkan opsi penampilan Google Adsense secara random pada halaman blog :D Tertarik mencoba ? Silahkan tengok sendiri halaman plugin WhyDoWork Adsense :)

Fyuh… akhirnya selesai juga me-review beberapa plugin yang menurut saya mantap :D Bagaimana menurut teman-teman sendiri ? Adakah plugin-plugin keren yang lain untuk Wordpress ? Kalau tahu, bagi-bagi juga donk :D :) Maklum masih pemain baru juga soalnya :D

Link-link terkait :

  1. Content Management System (CMS)

  2. WordPress

  3. Kumpulan Plugin WordPress

  4. WP Syntax

  5. WP Print

  6. WordPress Stats Top Post Sidebar Widget

  7. WP OnlyWire Auto Poster

  8. WordPress Stats

  9. Plugin AddToAny

  10. . WhyDoWork Adsense

  11. . [All in One SEO Pack](<a href=)

  12. . SearchTerms Tagging 2 Plugin

Comments