Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Yahoo Messanger Text Mode Using Finch

| Comments

Teman-teman pasti sudah tahu dong alternatif dari Yahoo Messenger yang biasa digunakan di Sistem Operasi GNU/Linux ? Yups.. nama Pidgin (yang dulu bernama Gaim ini) pasti sudah tidak asing di telinga teman-teman. Nah sekarang apa jadinya jika suatu ketika kita ingin chatting dengan teman kantor, tapi orangnya tidak bisa online karena alasan-nya “Waduh kalau saya online pakai Pidgin, laptop saya jadi lemot :( ” (Maklum teman saya ini tiap harinya ngebuka NetBeans, Firefox dan OpenOffice untuk alat perang dikantor dan sayangnya memori laptop-nya cuma 1 GB ajah :( ) Nah gara-gara alasan inilah akhirnya saya coba-coba mencari aplikasi chatting yang bisa jalan di terminal atau text mode, nah untungnya packages Pidgin untuk Slackware saya sudah menyertakan aplikasi bernama Finch untuk keperluan chatting melalui terminal atau text mode ini. Mungkin informasi ini sudah basi banget yah untuk teman-teman yang sudah tahu, tapi bagi saya ini merupakan hal baru dan saya posting ini untuk memberitahu teman kantor saya bahwa ternyata ada loh aplikasi chatting yang jalan di text mode :D (Setidak-nya agar besok-besok lagi, saya tidak mendapat jawaban “laptop saya lemot kalau menjalankan pidgin” :D )

Buat teman-teman yang bingung apa sih sebenarnya Finch itu ? Ini adalah deskripsi singkat dari halaman manual Finch yang isinya kurang lebih sebagai berikut :

finch is a console-based modular messaging client based on libpurple which is capable of connecting to AIM, MSN, Yahoo!, XMPP, ICQ, IRC, SILC,Novell GroupWise, Lotus Sametime, Zephyr, Gadu-Gadu, and QQ all at once. It has many common features found in other clients, as well as many unique features. Finch is not endorsed by or affiliated with America Online, ICQ, Microsoft, or Yahoo.

Nah bagaimana sudah paham kan ? sekarang mari kita coba dengan mengetikkan perintah finch di terminal dan harusnya teman-teman mendapatkan tampilan seperti gambar dibawah ini : Finch2
Menu Login Finch

Kalau sudah mengisi password tekanlah tombol Tab hingga kursor berada pada tombol OK kemudian tekan ENTER, tunggulah beberapa saat hingga tampilan Buddy List menampilkan daftar semua teman-teman yang sudah kita tambahkan. Dan dibawah ini adalah beberapa tampilan dari Finch :)

Finch1
Tampilan Menu Account Finch

BuddyListFinch
Tampilan Buddy List Finch

FinchInAction
**Tampilan Finch Ketika Chatting 1

Screenshot
**Tampilan Finch Ketika Chatting 1

Hm… bagaimana teman-teman ? Dengan background shell atau terminal yang transparan Finch jadi keliatan cantik bukan ?? :) Nah jika teman-teman ingin menggunakan Finch, mungkin beberapa shortcut dibawah ini sedikit berguna :

  1. ALT+a, menampilkan seluruh action yang tersedia pada finch. Kita bisa menggunakan shortcut ini untuk mengakses menu Preferences, Account, dll

  2. ALT+c, menutup jendela yang aktif saat ini

  3. ALT+m, berfungsi untuk memindahkan jendela yang aktif

  4. ALT+r, untuk mengecilkan atau memperbesar jendela.

  5. ALT+w, menampilkan seluruh daftar jendela yang terbuka.

  6. ALT+q, keluar dari aplikasi finch

Nah mantap bukan ?? Tertarik menggunakan Finch sebagai default IM teman-teman ? :D:)

Link-link terkait :

  1. Finch

  2. Yahoo Messenger

  3. Pidgin

  4. Howto Using Finch

Beri Komentar Lewat Facebook:

Beri Komentar Lewat Disqus: