Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Fixing Midnight Commander (Mc) Failed to Display Zip Content

| Comments

Pernah mengalami kejadian kalau ternyata tiba-tiba Midnight Commander (MC) tidak bisa membuka sebuah file zip atau file jar ? Kalau belum pernah, mungkin tulisan ini bisa dijadikan referensi jika dikemudian hari teman-teman mengalami masalah yang serupa :D Pengalaman ini sempat dialami oleh Adi ketika ingin membuka sebuah file jar pada Ubuntu 9.04 :) Awal-nya sempat bingung dan heran juga, karena Midnight Commander (MC) tidak mengeluarkan pesan error sama sekali, tetapi hanya menampilkan layar biru yang tidak ada isinya seperti gambar dibawah ini :

MCCantOpenJarZipFile
Tampilan MC Gagal Membuka File jar / zip

Setelah bertanya pada mbah Google dan di arahkan pada forum ini dan ini, baru deh paham. Solusi yang diberikan dari dua link yang diberi oleh mbah Google adalah, editlah file /usr/share/mc/extfs/uzip kemudian cari baris seperti dibawah ini :

...
...
my $op_has_zipinfo = 0;

kemudian edit menjadi seperti dibawah ini :

...
...
my $op_has_zipinfo = 1;

Setelah melakukan pengeditan file /usr/share/mc/extfs/uzip seperti diatas, sekarang cobalah lagi untuk membuka sebuah file jar atau zip untuk mengetes-nya. Dan jika perubahan yang dilakukan sudah benar, harusnya sekarang Midnight Commander (MC) sudah dapat menampilkan isi didalam file tersebut seperti gambar dibawah ini :

NormalAgain
Tampilan MC Sudah Normal Kembali

Semoga informasi ini berguna buat teman-teman yang mengalami masalah serupa :)

Link-link terkait :

  1. MC doesnt open jar file

  2. Bug List MC di Debian

  3. Blog Adi Artivisi

  4. Midnight Commander

  5. Upload dan Download Menggunakan MC

Beri Komentar Lewat Facebook:

Beri Komentar Lewat Disqus: