Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Update Blog

| Comments

Hii all.. cuma ingin kasih info tentang perubahan tampilan di blog ini :) Malam minggu kemarin, saya mulai main-main lagi dengan blog. Dan hasil akhir-nya adalah yang sudah teman-teman lihat sekarang :D Alasan kenapa saya ganti yaitu karena versi WordPress yang saya gunakan sudah terlalu lama :D , yups kenapa koq saya ga pernah ngikutin versi rilis WordPress ? Karena pada themes yang kemarin sudah terlalu banyak modifikasi yang saya lakukan di source code WordPress itu sendiri :D (sekdear buat main-main sih) dan gara-gara perubahan custom yang saya lakukan akhirnya sukses membuat saya sendiri kesulitan untuk melakukan proses upgrade ke versi yang lebih baru :( . Nah selain alasan tersebut, saya juga pingin merasakan themes yang lain, dan hasil akhir-nya juga udah teman-teman lihat sendiri sekarang :)

Nah ada temen yang bilang bahwa themes blog saya ini jelek :) Emang sih, themes yang kemarin terlihat kaku dan saya akui hal tersebut. Kalau jelek ? Hmm… ini harus kita lihat dari kacamata mana teman-teman melihat-nya, klo dilihat dari sudut pandang saya sendiri saya ngelihat ya lumayan-lah untuk seorang pemula di bidang web designer (meskipun ngedit themes-nya orang kwkwkw :)) )

Ada 2 penyebab kenapa saya melakukan perombakan besar-besaran pada blog ini, 2 penyebab-nya yaitu :

  1. Ingin menjadi lebih wiki style , yups saya dari dulu ingin supaya tulisan-tulisan yang saya post ke blog dapat dibaca layak-nya membaca sebuah halaman wikipedia. Kalau gitu kenapa tidak pakai wikipedia saja sekalian?? Alasan saya tidak menggunakan wikipedia adalah karena kalau pakai wikipedia saya pasti kehilangan fasilitas komentar :D Pada tampilan baru ini, wiki style saya coba masukkan pada halaman single page dan ini bisa kita lihat kalau teman-teman menekan tulisan Read More … pada setiap posting di blog ini. Perubahan yang saya lakukan cukup sederhana sih, cukup hilangkan saja sidebar-nya dan voilla… tampilan posting menjadi penuh 1 halaman :). Selain alasan wiki style diatas, saya terkadang suka merasa susah jika membaca postingan sendiri terutama kalau ada contoh kode atau potongan hasil output pada terminal yang terlalu memanjang hingga akhirnya saya terpaksa menggeser scroll ke kanan. Nah menurut saya hal ini tidak efektif (baca-nya jadi ga bisa ngefull atau ada bagian yang masih kepotong), dengan membuat halaman menjadi full 1 halaman dan tanpa sidebar hal ini menjadi mungkin membaca keseluruhan potongan kode program atau hasil output dari terminal yang saya post :D :)

  2. Pingin merasakan themes yang baru :) Nah ini juga bermasalah karena saya kurang begitu senang dengan tampilan web yang terlalu berwarna dan penuh corak (secara saya ini kan orang-nya sederhana banget wakakakaka…. #$#* LEBAY MODE ON) :D Ternyata sangat susah sekali mencari themes dengan kategori Simple, Clean dan Elegan :D Menurut saya pribadi, tampilan yang paling keren dan elegan itu ditunjukkan oleh Mbah Google dan wikipedia dengan background putih dan warna hyperlink biru, bagi saya sih kesan-nya sederhana dan sarat informasi yang berguna. Nah setelah ngulik-ngulik themes di WordPress akhirnya saya menemukan 1 themes yaitu Nice Wee Themes yang menurut saya mendekati kriteria yang saya cari, tapi tetap harus dilakukan modifikasi juga :)

Proses upgrade WordPress ternyata tidak semudah yang saya bayangkan, langkah yang akan saya tempuh sebenar-nya seperti ini :

  • Backup DB WordPress yang lama

  • Restore DB lama di laptop

  • Install WordPress baru di laptop

  • Setelah WordPress yang baru terinstall menggunakan schema DB yang baru juga, baru deh konfigurasi WordPress baru agar menggunakan schema DB lama

  • Kalau sukses, upload lagi ke hosting

Nah ternyata pada waktu melakukan proses restore DB yang lama, saya melihat ada keganjilan antara schema DB WordPress yang lama dengan yang baru. Yups…. ternyata jumlah tabel di WordPress yang baru berkurang :( Pada versi WordPress yang lama, jumlah tabel ada 12 buah, tapi di versi yang sekarang jumlah tabel-nya cuma 11 :( Otomatis proses migrasi tidak bisa semudah ganti nama database :( dan akhirnya saya dengan sukses memilih cara yang lain yaitu melakukan proses migrasi data menggunakan tool bawaan-nya si WordPress yaitu menggunakan tool Export dan Import. Sukses sih, semua postingan dan komentar berhasil dipindah tangankan tanpa ada perubahan sedikitpun, tapi sayang-nya tidak semua di ter-migrasi :( Dan ini dibuktikan dengan hilang-nya link blog teman-teman yang sudah saya tambahkan :( (Maaf ya teman-teman :( iks…) Sampai saat ini, saya juga masih melakukan pembenahan terhadap tampilan dari blog ini, jadi harap maklum ya teman-teman kalau tampilan-nya masih acak adut :D

Akhir kata, bagaimana menurut pendapat teman-teman sendiri dengan tampilan yang sekarang ?? Selain itu, kira-kira apa lagi ya yang diperlukan biar ngebaca-nya jadi lebih “nyaman” dan “enak”?? Atau ada saran tentang bagaimana enaknya tampilan blog ini, atau penggunaan themes yang lain ? :) Dan yang paling terakhir, selamat menikmati tampilan baru dari blog saya ini :D

Beri Komentar Lewat Facebook:

Beri Komentar Lewat Disqus: