Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Mengenal Situs PasteBin

| Comments

Buat teman-teman yang sering chatting di IRC (Internet Relay Chat) pasti-nya sudah tidak asing lagi dong dengan situs pastebin ini, nah sedangkan untuk teman-teman yang belum tahu apa sih situs pastebin ini ? Situs pastebin ini merupakan jasa layanann untuk keperluan paste-memaste file source code atau file konfigurasi yang bersifat gratis, nah selain itu yang lebih keren dari situs ini yaitu adalah dukungan terhadap perwarnaan source code yang kita paste di pastebin ini.

Nah sekarang bagaimana sih cara menggunakan situs pastebin ini ? Bayangkan sekarang teman-teman berada dalam posisi sedang mengalami masalah yang sangat pelik (konfigurasi di server GNU/Linux sudah di ganti-ganti tapi service belum jalan juga, atau koding udah seharian tapi aplikasi masih berjalan dengan tidak semestinya), nah kalau kita sedang mengalami masalah diatas ada beberapa alternatif untuk mencari bantuan yaitu:

  • Gunakan Google

  • Tanya ke Milis Komunitas

  • Tanya ke forum

Nah dari beberapa solusi diatas, kita masih belum bisa mem-prediksi kapan kira-kira kita akan mendapatkan balasan dari pertanyaan yang akan kita ajukan kan. Karena kita tidak tahu pasti kapan akan mendapatkan jawaban dari pertanyaan kita, sekarang bagaimana kalau masalah yang kita hadapi ini sangat vital sekali dan harus selesai dalam hari ini juga atau yang lebih extreme lagi harus selesai dalam 1 jam kedepan ? Tinggal 1 solusi terakhir yaitu, gunakan fasilitas chatting. Karena hanya dengan melalui chatting kita bisa mendapatkan jawaban saat ini juga :)

Tapi kalau kita chatting di channel IRC atau via YahooMessenger, kita juga harus tahu beberapa aturan yang tidak tertulis agar kita cepat mendapatkan respon balik dari pertanyaan kita. Salah satu aturan tidak tertulis di beberapa channel IRC yaitu JANGAN MELAKUKAN FLOODING, flooding disini maksudnya yaitu jangan mengirimkan text lebih dari 3 baris dalam 1 waktu jika kita tidak ingin di kick atau banned dari operator channel tersebut :) Nah sekarang bagaimana dong kalau misalkan saya harus mem-paste isi dari file konfigurasi atau source code saya ke channel IRC tersebut ? Nah disinilah guna-nya situs pastebin tersebut, paste-kanlah file konfigurasi atau source code yang ingin ditanyakan ke pastebin kemudian beri alamat hasil paste tersebut ke channel IRC atau teman chatting anda di YahooMessenger. Mudah dan sederhana bukan ? :)

Nah sekarang bagaimana cara menggunakan situs pastebin dengan baik dan benar ? Cara-nya sebenarnya gampang, yang pertama yaitu ketikkan-lah alamat http://pastebin.ca pada browser kemudian tekan tombol ENTER. Tunggu beberapa saat hingga halaman situs pastebin terbuka yang kurang lebih tampilan-nya terdiri dari 1 buah text area besar dengan 2 buah tombol yaitu Submit Post dan Reset Form seperti gambar dibawah ini : Pastebin1
Halaman depan situs pastebin.ca

Jika sudah melihat tampilan seperti gambar diatas, sekarang copy-lah isi file konfigurasi atau source code yang ingin kita tanyakan kemudian pastekanlah pada text area tersebut seperti gambar dibawah ini : Pastebin2
Paste source code atau file konfigurasi pada text area yang sudah disediakan

Setelah melakukan proses paste, jangan tekan tombol Submit Post dahulu melainkan geret-lah scrollbar kebawah hingga muncul tampilan Detail Post seperti gambar dibawah ini : Pastebin3
Isi detail posting

Ada beberapa kolom isian yang perlu kita perhatikan pada form Detail Post diatas, yaitu :

  • Kolom Isian Name/Title : Isikan nama kita agar penerima tahu siapa yang posting file konfigurasi atau source code yang baru saja kita paste.

  • Content Type : Kalau kita posting source code, pilih-lah tipe bahasa-nya (C,Java,Perl atau PHP) agar posting source code kita mempunyai syntax coloring. Tapi kalau pesan error atau file konfigurasi biasa, kita bisa menggunakan Content Type Raw (default) saja.

  • Expired this post in : Secara default, pastebin akan menyimpan file yang kita paste selama 1 bulan sebelum dihapus. Jika kita ingin lebih lama, tentukan nilai-nya pada kolom isian ini.

Jika sudah, sekarang tekanlah tombol Submit Post dan tunggulah beberapa saat hingga posting kita muncul seperti gambar dibawah ini : Pastebin4
Hasil posting kita pada situs pastebin.ca

Seperti kita lihat pada gambar diatas, posting kita mempunyai alamat di http://pastebin.ca/1708524 (lihat pada address bar di firefox atau IE) dan akan disimpan selama 1 bulan kedepan :) Nah setelah mendapatkan alamat hasil posting kita, sekarang pastekan-lah alamat hasil posting kita (dalam contoh ini alamat yang harus kita berikan ke teman yaitu http://pastebin.ca/1708524) ke channel IRC atau teman chatting kita di YahooMessenger agar bisa melihat secara lebih detail apa sih sebenarnya masalah yang kita hadapin :)

Nah enak dan mudah bukan ? Dengan model tanya-jawab seperti diatas antara penanya dan penjawab juga sama-sama enak, si pena-nya puas karena apa yang ingin disampaikan tersalurkan semua dan si calon penjawab juga puas karena bisa melihat secara langsung konfigurasi atau source code yang kita kirim-kan tanpa merasa di flood :) Di satu sisi si penanya tidak perlu takut untuk di kick atau di banned dari channel IRC jika menggunakan IRC, atau kawatir kena pesan Message to large jika menggunakan pidgin. Sekarang mari kita wujudkan cara konsultasi atau bertanya dengan baik dan benar biar kedua belah pihak sama-sama senang-nya :)

Dan untuk teman-teman pengunjung blog ini, jika ada masalah dengan source code atau file konfigurasi yang terkait dengan tulisan di blog ini silahkan paste di http://martinusadyh.pastebin.ca ya. Takut-nya nanti jika paste di kolom komentar source code-nya ada yang kepotong :D soalnya saya sudah siapin untuk keperluan teman-teman kalau ada yang mau tanya-tanya ama saya :malu: (hadeh, kek dah pinter ajah pake nyiapin-nyiapin segala #%%^$)

Tertarik diskusi rame-rame bahas coding atau ngoprek online via chatting ? :)

Link-link terkati: - About PasteBin - http://martinusadyh.pastebin.ca

Update: Cara ini bagus kalau dipakai ketika kita chatting, kalau kita menggunakan milis atau forum sebaik-nya langsung dipaste saja tanpa perlu menggunakan fasilitas dari PasteBin :)

Beri Komentar Lewat Facebook:

Beri Komentar Lewat Disqus: