Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Review Album Design Your Universe (EPICA)

| Comments

Hii all, berhubung karena keren-nya album ini jadi ngebuat saya pingin posting ke blog :D. Review Ini saya dapat dari forum Symphonic/Gothic Metal Group di FaceBook dan ditulis oleh bro Luxmand Grapow yang notabene adalah pengurus group ini. Dan inilah dia review-nya :

        [![Cover Album Design Your Universe](http://photos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc1/hs238.snc1/8517_1192695950598_1624398291_30497143_4645420_n.jpg)  

EPICA - DESIGN YOUR UNIVERSE (2009)](http://www.facebook.com/photo.php?pid=30497143&id=1624398291)

Epica adalah proyek luar biasa dari gitaris bertalenta Mark Jansen (mantan After Forever band) dan amazing beautiful angelic voices of “mezzo-soprano vocalist” Simone Simons, mereka meramaikan kancah Symphonic / Gothic Metal sejak tahun 2002. Sudah 4 album yang mereka telorkan sampai saat ini. Dan ketika Design Your Universe (2009) masuk ketelinga saya, sungguh sangat menakjubkan !!!. Secara keseluruhan musik mereka lebih matang dan album ini adalah puncak talenta bermusik dari seluruh personel member Epica.

Ada beberapa point disini yang sangat spesial di album “Design Your Universe” :

(1) Pertama dari label, Nuclear Blast.. sebuah label besar specialis musik cadas di Eropa

(2) Kedua yang membidani album ini produser Sascha Paeth …wuih…spesialis produser band-band Metal (Angra, Kamelot, Rhapsody, Avantasia) dengan sentuhan karya yang mengagumkan.

(3 )Ketiga, pergantian dua personel di band ini (Jeroen Simons yang cabut di tahun 2007 dan digantikan oleh Ariën Van Weesenbeek (ex-God Dethroned band Blackened Death Metal/Netherland) serta Ad Sluijter (2003-2008) yang digantikan oleh Isaac Delahaye - Guitar (ex-God Dethroned juga). Perubahan ini sama sekali TIDAK membuat band ini semakin lemah dalam berkarya. Justru dengan masuknya dua member baru ini yang kebetulan berasal dari band yang sama (God Dethroned).

Ariën Van Weesenbeek (Drummer) dan Isaac Delahaye (Gitaris) bisa beradaptasi dengan baik, bahkan performa luar biasa didapatkan pada sound drum yang lebih “garang” dan permainan gitar yang lebih “agressiv”. Hal tersebut bisa disesuaikan dengan baik tanpa meninggalkan ciri khas dari Epica itu sendiri. Coba anda simak di lagu “Martyr Of The Free Word” (track 4), lagu ini menampilkan sesuatu yang “fresh”. Ibarat makanan, ini adalah “gado-gado” (siapa yang suka gado-gado?? he..he) dari “Melodic Death Metal/Gothenburg Sound” yang dilatarbelakangi pemandangan indah dari “Symphonic / Gothic Metal” dengan sentuhan lembut Simone Simons dan vokal garang Mark Jansen..amazing !!!

(4) Epica seperti di album-album sebelumnya, tak lepas dari nuansa ballad / mellow / ngeslow atau apapun istilah anda :) . Ada dua “gothic ballad” di album ini .. “Tides Of Time” menampilkan bagaimana Simone bisa “sedikit” ngepop tapi sangat theatrikal di karakter vokalnya, beda dengan pakem Epica pada lagu ballad “Feint” (tuntutan label apa ya?? he..he) Lagu ballad kedua ada “White Waters” featuring Tony Kako (Vokalis Sonata Arctica)… di lagu ini ada “duet maut” (kaya' dangdut aja he..he) “beauty and the beast” enak banget didengar apalagi setelah lama sekali Tonny tidak menampilkan performa vokal seperti di lagu “Power Of One” nya album Silence (milik Sonata Arctica).

(5) Karakter vokal “bidadariku” Simone Simons lebih matang, dengan berlatar belakang dominasi paduan suara Gregorian dan Vokal “keren” Mark Jansen ( Guitar, Harsh Vocals) menambah kegarangan di album ini.

(6) Lirik dilabum ini sedikit berbeda dengan album-album Epica sebelumnya. Mereka mengganti tema Agama dan Budaya Kuno dengan tema Ilmu Pengetahuan (Sains). Topik yang sangat hangat saat ini, berkaitan dengan Kalender Maya Kuno tentang Kiamat di tahun 2012 (trims buat “Bimasakti Wolf” dah ngasih tautan ini >>> http://qitori.wordpress.com/2009/02/23/kalender-maya-2012-kiamat/ <<< )

Secara keseluruhan “Design Your Universe” merupakan suguhan luar biasa dari style Symphonic/Power/Gothic/Progressive/Epic yang dimiliki Epica saat ini. Harapan besar buat saya dan seluruh F.B.E (fans berat Epica he..he..) untuk terus “melanjutkan” (kaya SBY aja he..he) apa yang jadi “ciri khas” EPICA dari awal mereka lahir.“The Phantom Agony”,Consign Of Oblivion, dan “The Divine Conspiracy” merupakan 3 album luarr biasa yang mengantarkan kepopuleran “female-fronted bands” dari negeri kincir angin ini.

Dan “Design Your Universe” bagi saya adalah “mahakarya kolosal” dimana Mark Jansen dkk dengan berani menggabungkan elemen Black Metal, Gothenburg Sound dan perpaduan nuansa Progressive di setiap lagu-lagu Epica..

………… Long Live EPICA ….. Mark Jansen n Simone Simons RULES… \,,/

Track yang WAJIB kamu simak : “Unleashed” (great singles) “Martyr of the Free Word” (combine Gothenburg n Symphonic metal elements) “Our Destiny” “Kingdom of Heaven” (amazing mixing of “epic/symphonic” with combine “Power Metal melodies and Operatic vocal performance”) * “Tides of Time” n “White Waters” (feat. Tony Kakko of Sonata Arctica)

Sumber : * Original Review at Facebook * Search band EPICA * (The best Jansen project yet Written by joncheetham88 on October 16th, 2009) * http://www.metal-archives.com/release.php?id=244886 * http://www.angrymetalguy.com/?p=719 * http://www.metal-invader.com/db/reviews-5808.html * http://qitori.wordpress.com/2009/02/23/kalender-maya-2012-kiamat/

Beri Komentar Lewat Facebook:

Beri Komentar Lewat Disqus: