Martinus Ady H. BloG

Human Knowledge Belongs To The World

Kisah Perjalanan Di Indonesian Linux Conference 2007

| Comments

ilc Wuih puas rasanya bisa mengikuti acara Indonesian Linux Conference 2007 yang diadakan di jogja tanggal 18/11/2007 kemarin :) , sebagai perwakilan dari KPLI Kediri saya berangkat bertiga dari Kota Kediri pada hari Sabtu siang jam 10.30 dan tiba di tempat penginapan Kaliurang kurang lebih sekitar jam 18.30.

Pada acara Indonesian Linux Conference ini, ada beberapa “misi” yang ingin saya capai diantara-nya yaitu:

  1. Ketemu dengan aktivis-aktivis Linux seluruh Indonesia terutama teman-teman dari Slackware-ID :) ( Maklum kopi darat pertama sejak mulai adanya web resmi slackware yaitu http://slackware.linux.or.id/ dan http://slackware-id.org/ , sayangnya om ozzie berhalangan hadir :( )

  2. Ketemu dengan om Anjar dan om Romi sebagai wakil dari AWALI ( Asosiasi Warnet Linux Indonesia ) dan membicarakan bagaimana perkembangan warnet linux ke depannya :)

  3. Saling “sharing” dengan aktivis-aktivis Linux lain-nya bagaimana supaya GNU/Linux lebih di kenal di masyarakat, terutama di Kota Kediri. ( Ndak tinggi-tinggi dulu mimpi-nya, cukup Kota Kediri saja dulu :D )

  4. Melaporkan beberapa kesulitan-kesulitan yang sering dialami oleh KPLI Kediri dalam proses pengenalan GNU/Linux ke masyarakat dan bagaimana cara penyelesaiannya.

  5. Foto bareng dengan aktivis-aktivis Linux ‘idola’ saya :D ( kwkwk, maklum waktu pertama kali saya belajar linux, saya banyak dibimbing oleh ‘idola’ saya tersebut )

Semua misi-misi tersebut yang membuat saya ingin berangkat ke jogja :) , ketika pertama kali tiba di pelataran Villa Taman Eden kemudian melakukan proses registrasi ulang. Saya sempat merasa ‘minder’ dan ‘grogi’, maklum ternyata saya belum menemukan beberapa teman-teman yang biasa saya temui di forum, chat maupun di milis. Untuk meredakan rasa ‘minder’ dan ‘grogi’ saya, akhirnya saya putuskan mandi dulu saja sekalian menyegarkan badan kebetulan saya menempati kamar di Melati 6. Melati6
Suasana Di depan Kamar Melati 6

Di kamar Melati 6 ini, saya 1 kamar dengan kontingen dari KPLI Bandung dan KPLI Malang ( salut buat temen-temen dari KPLI Malang, karena perjalanan dari Malang-Jogja ditempuh dengan naik motor ). Setelah mandi selesai, saya dan teman-teman KPLI Kediri, beserta om Anjar dan Om Romi sepakat untuk coffe break bersama membaur dengan teman-teman aktivis linux yang telah hadir duluan. Pada saat coffe break, akhirnya saya bertemu dengan om Budi dari baliwae :). Akhirnya makin lama, meja kami makin penuh dengan datangnya teman-teman aktivis linux yang lain dan akhirnya rasa ‘grogi’ dan ‘minder’ saya hilang karena teman-teman linux aktivis yang lain orangnya ‘asyik-asyik’ dan ‘ramah-ramah’ semua :) Suasana makan malam
Suasana Makan Malam

Sekitar jam 22.00 panitia ILC mengajak seluruh peserta untuk naik ke aula yang terdapat tepat diatas tempat kami coffe break, pertemuan ini adalah sebagai ajang pemanasan buat peserta-peserta ILC yang sudah datang. Isi dari pertemuan Sabtu malam ini adalah membahas apa yang akan disampaikan pada hari Minggu besoknya :) Acara pertemuan ini ditutup kira-kira jam 23.30 malam dan kesempatan ini saya mulai berburu boneka tux yang dibawa oleh om Resza Ciptadi ( bener om Resza ya yg bawa boneka kemarin ? ) dan kaos yang dibawa oleh om Budi. :) Setelah mendapatkan boneka dan kaos, saya menyempatkan diri untuk bersantai bersama teman-teman linux aktivis yang kayaknya belum mau tidur semua. Karena badan sudah terasa capek, akhirnya sekitar jam 00.30 saya pamit tidur dahulu supaya badan saya besok pagi bisa fit dan tidak ‘mbangkong’ ( maklum dirumah saya selalu bangun ke-malaman :D ) ILC 021
Suasana Acara ‘Pemanasan’

Tepat jam 08.00 pagi, saya dan teman-teman KPLI Kediri meninggalkan kamar untuk mengikuti acara makan pagi bersama. Setelah selesai makan pagi, kami juga sempat ngobrol-ngobrol sebentar untuk selanjutnya mulai berkemas-kemas menuju kampus UII tempat dimana dilangsungkannya acara ILC 2007 ini. :) ILC 029
Suasana Makan Pagi

Acara ILC sendiri dimulai sekitar jam 09.30 dengan diberlakukan-nya peraturan didalam ruangan ILC peserta tidak boleh merokok :D demi kenyamanan bersama. Acara rapat berlangsung dengan seru sekali, terutama ketika pembahasan mengarah ke masalah model bisnis di Open Source. Karena terlalu seru-nya pembahasan, hingga beberapa peserta melakukan protes karena pembahasan sudah mulai tidak terarah. ILC 057
Om Sabri dari komunitas ubuntu-id

Sebelum mengakhiri sesi pertama, panitia ILC melakukan pemungutan suara terhadap peserta, apakah model diskusi-nya ingin tetap seperti sesi pertama atau dibagi-bagi berdasarkan beberapa kelompok diskusi. Akhirnya setelah melalui pemungutan suara panitia memutuskan untuk memecah-mecah diskusi menjadi beberapa kelompok yaitu : 1. Kelompok Diskusi Pendidikan. 2. Kelompok Diskusi Bisnis. 3. Kelompok Diskusi Migrasi 4. Kelompok Disksi Warnet.

Setelah selesai membagi-bagi kelompok diskusi, acara selanjutnya adalah makan siang. :) Sebelum makan siang, saya sempat berbincang-bincang dengan om Budi, om Willy dan om Vavai dari komunitas Open Suse. Perbincangan ini banyak mengarah bagaimana menyatukan situs-situs yang membahas GNU/Linux dan Open Source dengan metode seperti planet-planet, tujuan utamanya adalah supaya pengguna Linux ingin mencari segala informasi tentang Linux dalam bahasa Indonesia tinggal menuju hanya ke 1 alamat url saja, sedangkan perbincangan dengan om Budi dan om Willy adalah adanya keinginan untuk membuat sebuah LiveCD yang berisi ‘archive’ dari http://forum.linux.or.id/ dan ingin membuat seperti punya http://ilmukomputer.com/. Tetapi sayangnya, om Willy tidak mempunyai akses ke ‘shell’ untuk melakukan proses backup database-nya. Karena jika proses backup database-nya langsung di-download, maka jika putus tidak bisa di ulang lagi, dan ini pernah om Willy alami dulu ketika teman-teman di forum mempunyai keinginan yang sama. ( Tetapi kata om Willy akan diusahakan :) supaya om Willy dapat membackup lewat shell prompt supaya lebih mudah )

Karena terlalu asyik-nya ngobrol kami sampai lupa waktu, dan ketika melihat jam sudah menunjukkan pukul 12.30 maka saya, om Willy, om Budi dan om Aman Amad segera mengambil nasi kotak yang telah disediakan oleh panitia ILC. Tepat jam 13.00, saya, om Willy dan om Aman Amad kembali ke tempat pertemuan untuk masuk kedalam kelompok-kelompok diskusi yang sudah ditetapkan oleh panitia. Saya sendiri masuk kedalam kelompok diskusi Warnet, sedangkan pak Arie teman seperjuangan dari KPLI Kediri lebih memilih untuk masuk ke dalam kelompok diskusi pendidikan.

Berhubung saya berada pada kelompok diskusi warnet, maka beberapa hasil diskusi yang telah disimpulkan oleh teman-teman warnet yang datang pada acara ILC adalah sebagai berikut :

  • Memperbanyak tulisan-tulisan untuk pengguna awam dengan menggandeng media cetak.

  • Mulai menulis penggunaan GNU/Linux dalam sisi non-teknis tujuan-nya adalah supaya pemilik warnet memahami untungnya penggunaan GNU/Linux dalam warnet.

  • Mulai membuat daftar-daftar aplikasi OOS standart untuk warnet (siap pakai) kalau bisa yang bisa berjalan di GNU/Linux maupun di Ms. Windows. Tujuannya adalah supaya aplikasi-aplikasi OSS tersebut bisa terinstall pada warnet yang menggunakan Ms. Windows.

  • Membuat rekomendasi hardware yang dipastikan bisa berjalan pada sistem operasi GNU/Linux, beserta tutorial dari proses installasi sampai penggunaan ke pemakai (Isi tutorial diharapkan dapat di-implementasikan pada ‘semua’ distro)

  • Memperbanyak tulisan tentang proses instalasi sampai penggunaan beberapa billing OSS

  • Untuk support dapat berkonsultasi pada KPLI

  • Mengadakan kerjasama antara KPLI dengan warnet linux dalam sosialasi GNU/Linux. (sebagai contoh penggunaan warnet linux sebagai tempat pelatihan)

Setelah 1 jam berdiskusi, panitia menyarankan agar setiap peserta kembali ke tempat duduk-nya masing-masing dan mulai membahas bersama apa hasil yang telah disimpulkan oleh masing-masing kelompok, dan hasil akhir dari diskusi tersebut berhasil disepakati :

  1. KPLI dapat membuat badan hukum, tetapi berupa badan non profit dan jika ingin berbisnis maka dapat mendirikan badan hukum diluar KPLI

  2. Kerjasama antara KPLI dan pemilik warnet linux (sebagai contoh penggunaan warnet linux sebagai tempat pelatihan)

  3. Kurikulum berbasis open source sudah siap

  4. ILC 2008 akan diadakan di Bali

Wuiw…. untuk acara ILC tahun depan akan diadakan di Bali euy… :) Semoga saja saya bisa ikutan ILC tahun depan :D Sedangkan foto-foto selama ILC bisa teman-teman lihat disini: http://www.flickr.com/photos/10243554@N02/

Setelah acara ILC selesai, saya beserta teman-teman dari KPLI Kediri plus om Anjar dan om Romi bersepakat untuk sekalian mampir ke tempat om Funny atau biasa di kenal dengan nick dewa_ehem di channel #awali@DALnet. Kesan pertama ketika melihat wajah om Funny yaitu koq “beda banget” :D , iya beda soalnya kalau di channel om Funny suka omong eh waktu ketemuan isinya cuman diem mulu ajah :D .

Tepat jam 19.30 kami rombongan dari KPLI Kediri meninggalkan rumah om Funny untuk kembali ke Kota Kediri tercinta :)

Beri Komentar Lewat Facebook:

Beri Komentar Lewat Disqus: